Buletin Maba Edisi 3 Tahun 2015

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Editorial: Semester Pertama

Pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKK Maba) FISIP telah berakhir. Namun, berakhirnya acara tersebut belum menjamin maba untuk dapat bernafas lega. Maba masih harus mengikuti serangkaian aturan khusus selama satu semester. Mereka diwajibkan mengikuti student day, mentoring, mengerjakan berbagai tugas, hingga menggunakan almamater selama satu semester.

Mematuhi aturan dan menjaga etika, itulah gambaran kehidupan maba FISIP selama satu semester. sayangnya, tujuan membentuk kedisiplinan malah melahirkan pengekangan melalui tugas-tugas dan pembentakan oleh pihak panitia. Tak jarang, rangkaian pengenalan kehidupan kampus yang tak relevan menjatuhkan citra perguruan tinggi itu sendiri saat ini.

Memang, sesungguhnya mahasiswa baru harus diberikan berbagai pengarahan untuk mengenal kampusnya dengan baik. Tetapi, cara penyampaiannya haruslah disampaikan dengan cara yang tepat. Misalnya disesuaikan dengan usia dan tidak bersifat merendahkan mahasiswa itu sendiri. Hal yang juga perlu diingat bahwa tahun akademik sudah dimulai. Disinilah manajemen waktu mahasiswa akan diuji. Akankah rangkaian kegiatan ini menjadi penunjang bagi maba, atau malah menjadi momok ditengah aktivitas perkuliahan mereka? (*)

(Visited 120 times, 1 visits today)

Buletin Maba Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts