Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Adaptasi New Normal, Perpustakaan UB Gelar Pelatihan Literasi Informasi

Pelatihan Literasi Informasi oleh Perpustakaan UB yang dilaksanakan secara daring pada Selasa (23/2). (PERSPEKTIF/Tanti)
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Malang, PERSPEKTIF—Sebagai bentuk adaptasi new normal, Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) mengadakan Pelatihan Literasi Informasi melalui aplikasi Zoom Meeting pada Selasa (23/2). Pelatihan ini diadakan untuk memudahkan sivitas akademika dalam mengakses layanan-layanan yang disediakan oleh Perpustakaan UB, di antaranya layanan online, akses Repository UB, serta pemanfaatan Single Sign On (SSO) Remote Xs guna mengakses e-resources yang dilanggan UB. Pelatihan pertama ini diikuti oleh 220 peserta yang terdiri dari dosen maupun mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

Agung Suprapto, Koordinator Layanan Pengguna, menjelaskan bahwa penutupan layanan luring Perpustakaan UB didasarkan pada Surat Pengumuman Kepala Perpustakaan Universitas Brawijaya Nomor 120/UN10.D10/TU/2020, tentang penutupan layanan secara fisik dan dorongan terhadap pemustaka untuk menggunakan layanan online. Karena itu, pelatihan ini diselenggarakan sebagai bentuk sosialisasi kepada sivitas akademika UB.

Selama pandemi, Perpustakaan UB telah berangsur-angsur menambah layanan yang mulanya terbatas.

“Semua layanan yang ada di Perpustakaan UB itu ada di website kami, lib.ub.ac.id,” ujar Heri Prayitno, pustakawan dan salah satu pemateri.

Materi lain yang diberikan adalah mengenai akses Repository dan Remote Xs. Heri Prayitno menyampaikan cara mengakses tugas akhir dan pendaftaran akun Remote Xs untuk dapat mengakses jurnal yang dilanggan UB. Bedanya, kini Remote Xs tidak perlu menggunakan VPN.

“Repository adalah database digital karya sivitas akademika UB. Saat ini, jumlah skripsi, tesis, maupun disertasi yang sudah didigitalkan ada sekitar 95 ribu. Ini akan sangat membantu bagi mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir,” jelas Heri.

Suprihatin selaku MC dan pustakawan menyampaikan bahwa Perpustakaan UB siap membantu sivitas akademika UB yang mengalami kesulitan terkait adaptasi ini.

“Jika masih bingung dengan layanan perpustakaan online, silakan chat saja atau kirim e-mail pada kami, kami akan siap membantu. Atau bisa melalui website dan Instagram Perpustakaan UB, karena kami selalu update,” ujarnya.

Pelatihan Literasi Informasi ini akan diselenggarakan secara rutin setiap hari Selasa hingga 13 April 2021. Perpustakaan UB membuka 300 peserta pada setiap sesinya. (chr/rff)

(Visited 92 times, 1 visits today)

1 tanggapan pada “Adaptasi New Normal, Perpustakaan UB Gelar Pelatihan Literasi Informasi”

  1. Pingback: Maba FISIP Keluhkan Sulitnya Akses Literatur Digital Perpustakaan UB – LPM Perspektif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts