Lompat ke konten

Kenalkan Arti Menjadi Mahasiswa

Malang, PERSPEK­TIF – Rangkaian kegiatan orientasi dan pengenalan kehidupan kampus masih belum usai. Setelah menja-lani pengenalan di lingkup universitas, hari ini (31/8), mahasiswa baru (maba) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) melan­jutkannya den­gan mengikuti Pengenalan Ke­hidupan Kam­pus Mahasiswa Baru (PKKMa­ba) FISIP 2016.

Ketua pelak­sana PKKMaba FISIP 2016, Adif Dja’far Maula­na, mengatakan dampak kegia­tan pengena­lan ini memang tidak langsung terlihat. Menurutnya, melalui kegia­tan ini, beserta tugas-tugas yang diberikan, maba ter­bantu dalam masa transisi dari status siswa menjadi mahasiswa. Ia menambah­kan, kegiatan ini sekaligus berfungsi menumbuhkan kepekaan sosial maba.

“Indikatornya, lebih ke menyiapkan mereka untuk menjadi mahasiswa,” tutur Adif.

Selain itu, Koordina­tor Acara PKKMaba FISIP 2016, Nurshadrina men­gungkapkan ada inovasi lain untuk memperkenal­kan maba pada dunia ma­hasiswa. “Dari pengalaman yang saya lihat di FISIP ini, meskipun mengaku ma­hasiswa FISIP, tetapi ke­pekaan sosialnya kurang,” ujarnya.

Ia menambahkan, penu­gasan yang diberikan pe­mahaman maba dapat ter­buka, dan segera beralih dari pemahaman seorang siswa menjadi seorang ma­hasiswa. Karenanya, un­tuk tahun ini, ada inova­si-inovasi baru yang dibuat panitia, seperti pengabdian masyarakat (pengmas) atau debat.

Monica, maba Hubu-ngan Internasional, me-ngaku terbantu dalam masa transisi melalui kegiatan ini, terutama mengenai FI­SIP. “Ayas jadi lebih tahu dan mulai mengerti soal FI­SIP karena tugas essay yang diberikan,” ujar Monica.

Pendapat men­genai inovasi dan adopsi tugas baru dibenarkan oleh Wakil Dekan III yaitu Akmad Mu­wafik Saleh. “PK­KMaba tahun ini berbeda pada as­pek penekanan, penekanan lebih ke prestasi dari pada kode etik yang dilaksanakan PKKMa­ba tahun 2015 lalu” ujar Muwafik. Menurut Muwafik dengan diadakan pengab­dian masyarakat dan debat diharapkan dapat memban­gun rasa kepedulian mereka serta menghadirkan solusi dan agar mahasiswa mam­pu paham terhadap kondisi sekitar. (tas/nin/rip)

(Visited 177 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts

Apa yang kamu cari?