Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Penurunan Kuota Mahasiswa Baru UB

Malang, PERSPEKTIF– Kuota penerimaan mahasiswa baru UB tahun 2014 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data yang diperoleh dari situs akademik.ub.ac.id tahun 2014, kuota penerimaan mahasiswa baru yaitu sebanyak 12.096 mahasiswa, menurun dibandingkan jumlah kemarin sebanyak 16.334 mahasiswa.  


Bambang Suharto, Pembantu Rektor I, saat ditemui Perspektif pada Jumat (23/5) di ruangnnya, mengatakan bahwa ketentuan tersebut berasal dari DIKTI. “Hal ini karena ada beberapa program studi yang oleh DIKTI dianggap belum memenuhi syarat,” ungkapnya.  
Selain dari DIKTI, keputusan  berapa jumlah kuota yang akan diterima oleh Universitas, ditentukan juga pada Majelis Rektor Perguruan Tinggi (MPRT). Majelis tersebut diadakan rutin setiap tahun.

Sementara itu, jalur masuk bagi mahasiswa baru masih sama seperti tahun sebelumnya, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Namun, menurut Bambang, persentasenya dapat berubah tergantung kuota penerimaan mahasiswa baru. Akan tetapi, menurutnya presentasi untuk jalur SNMPTN lebih banyak dibandingkan dengan jalur masuk SBMPTN dan jalur mandiri.

Presentasinya secara berurutan 50%, 30%, dan 20%. Hanya saja Bambang tidak bisa memastikan apakah mahasiswa Bidikmisi kuotanya juga akan dikurangi.

Kabar ini disambut baik oleh Puput Wulandari, mahasiswi Fakultas Pertanian (FP). “Bagus dong, karena kalau koutanya tambah banyak, ruangannya jadi sempit nanti,” aku mahasiswi angkatan 2012 itu.

Hal senada juga disampaikan Rahmawaty Awaliyah, Mahasiswi Agro poltek FP,”belajarnya bisa lebih kondusif nanti dan lahan untuk parkirnya bisa lebih luas.”(ade/ind)
(Visited 52 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts