Lompat ke konten

Menelaah Gelapnya Dunia Idol dari Anime Oshi no Ko

Sumber: Pinterest
Oleh: Nazwa Rahmawanti*

Judul: Oshi no Ko

Oleh: Nazwa Rahmawanti

Episode: 11 Episode

Distributor: Netflix

Tanggal Rilis: Mei 2023

Penulis: Aka Akasaka

Ilustrasi: Mengo Yokoyari

Oshi no Ko merupakan sebuah anime yang berkisah tentang seorang idol populer dan kharismatik bernama Hoshino Ai yang memiliki kehidupan keras sebagai idol muda. Melalui pelatihan dan juga berbagai cara dirinya bisa berada di papan teratas dunia entertainment. Hingga pada suatu ketika, saat Ai berusia 16 tahun dirinya hamil oleh ayahnya yang dia rahasiakan. Managernya Ichigo Saitou merupakan satu-satunya orang yang mengetahui kehamilan Ai, ia pun mendampinginya hingga Ai melahirkan anak kembar laki laki dan perempuan yang ia beri nama Ruby Hoshino untuk anak perempuannya dan Aquamarine Hoshino untuk anak laki lakinya. 

Hal yang menarik dari film ini adalah anak dari Ai merupakan reinkarnasi dari fans beratnya di masa lampau. Ruby yang dulu merupakan seorang gadis muda yang memiliki penyakit berat sedangkan Aqua merupakan seorang dokter yang menangani Ruby di masa lampau. 

Kematian Aqua di masa lampau juga menjadi misteri karena ia dibunuh oleh fans fanatik Ai dan di masa depan, Ai, juga dibunuh oleh fans fanatiknya. Kematian janggal Ai yang kemudian memunculkan pertanyaan bagi Aqua, karena dia sendiri yang melihat kematian ibundanya secara langsung. 

Kegelapan dari Rahasia Ai Hoshino

Berdasarkan sinopsis di atas, Ai yang merupakan seorang idol besar dan bersinar bagaikan bintang di panggung mampu menyembunyikan rahasia begitu besarnya. Ayah dari anak  seorang idol muda seperti Ai Hoshino yang masih dirahasiakan pun menjadi sebuah misteri besar di dalam film ini.  

Momen dari kisah Ai Hoshino ini umum terjadi di kalangan idol seperti idola Korea Selatan. Di mana apabila saat masa tenar seorang idol, pasti saja ada skandal yang merobohkan mereka. Baik itu skandal kencan yang harusnya normal bagi seorang manusia maupun skandal menikah dan hamil diluar nikah yang mampu mengikis kepopuleran seorang idol.

Ai sendiri pernah mengucapkan bahwa kata kebohongan yang paling dia sering ucapkan adalah “Aku mencintaimu” karena dia sendiri tidak paham apa arti dari cinta jadi dia mencoba percaya dengan mengucapkan kebohongan tersebut kepada fansnya. Hal ini dapat berlaku sama dengan bagaimana para idola yang ada di Korea Selatan dengan image mereka sebagai pria maupun wanita manis dan polos namun nyata nya mereka adalah manusia biasa yang terkadang merokok, minum minuman keras, dan berpesta di kelab, juga bisa menghamili kekasih mereka sebelum menikah.

Realistis dan Mengingat Idol Juga Manusia

Berdasarkan film Oshi no Ko ini membuat kita harus mengingat kembali bahwa idol juga manusia yang dapat melakukan kesalahan. Perilaku fans fanatik yang men stalking Ai hoshino hingga mengetahui privasi Ai seperti anak kembar nya, alamat rumah, hingga rumah sakit dimana Ai melahirkan anaknya merupakan bentuk perilaku menyimpang dari fans yang biasa disebut stalker.
Stalker idol ini sudah menjadi rahasia umum apabila seseorang memiliki banyak penggemar pasti ada satu ada lebih orang-orang yang terlampau obsesi pada idol. Sisi gelap dari gemerlapnya kehidupan entertaiment sendiri membawa banyak sekali petaka, baik itu dari sisi idola maupun fans nya sekalipun.

(Visited 163 times, 1 visits today)
*) Penulis merupakan mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya tahun 2022. Kini aktif sebagai Staff Magang LPM Perspektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts

Apa yang kamu cari?