Kantor Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) UB. (Perspektif/Ayu Isma)

Malang, PERSPEKTIF – Mahasiswa difabel tidak perlu khawatir selama perkuliahan daring semester depan. Pasalnya, Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya telah menyiapkan pelayanannya untuk tetap membantu mahasiswa difabel (madif) meski berkuliah dari rumah.

PSLD Universitas Brawijaya memanfaatkan aplikasi Enablink yang bersistem daring untuk membantu mahasiswa tuli dan tunanetra. Enablink merupakan aplikasi yang dimiliki oleh PSLD Universitas Brawijaya dan sudah digunakan sejak semester lalu, saat kelas online sudah mulai diterapkan.

Sulistyowatik selaku Staff Bidang Layanan PSLD menjelaskan bahwa  PSLD juga telah menempatkan para pendamping untuk bergabung di kelas madif yang sudah terjadwal.

“Selain itu PSLD juga memberikan pelatihan pendampingan digital kepada semua pendamping,” ujar Sulis.

Tidak jauh berbeda dengan saat perkuliahan offline, pertemuan antara pendamping dan madif dilakukan terlebih dahulu untuk saling mengenalkan. Selama pandemi ini, PSLD memilih untuk menggunakan media Zoom untuk pertemuan tersebut.

Hal ini juga dipastikan oleh mahasiswa tunanetra, Afif Husain Rasyidi, yang bercerita tahun lalu ia juga membuat janji temu dengan pendamping sejak saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Afif juga menambahkan untuk mahasiswa baru nanti juga pasti mirip dengan tahun sebelumnya.

“Kalau untuk maba (mahasiswa baru, red) 2020 mungkin bisa ditanyakan dulu kesulitannya apa dan yang perlu diakomodasi dari madifnya ini. Jadi intinya komunikasi antara volunteer pendamping dan madifnya. Kalau untuk kelas online juga sama. Ditanyakan dulu kendalanya apa lalu dicari tahu solusinya,” ungkap mahasiswa Psikologi 2019 tersebut.

Di akhir wawancara yang dilakukan secara daring ini, Sulis juga mengatakan bahwa PSLD bertanggung jawab menyediakan pendamping dan memastikan setiap mahasiswa difabel mendapatkan pelayanan pendampingan akademik secara daring. (dhs/ais)

(Visited 24 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here