Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

UB Dorong Mahasiswa Berinovasi Lewat PMW

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Malang, PERSPEKTIF – Program Mahasiswa Wirausaha ( PMW ) merupakan program yang dilaksanakan oleh Universitas Brawijaya ( UB ) dalam membantu mahasiswa melakukan wirausaha dengan memberikan bantuan dana hingga mencapai  8 juta rupiah. Program ini telah berlangsung sejak tahun 2009, bekerjasama dengan dikti.
“Program Mahasiswa Wirausaha diberikan kepada para mahasiswa berupa pengetahuan dan ketrampilan entepreneurship agar dapat menciptakan inovasi terbaru dalam menghadapi persaingan global serta pengembangan program kewirausahaan mahasiswa,” ujar Arief Prajitno selaku WR III Kemahasiswaan.


Pendaftaran untuk menjadi peserta PMW sudah bergulir sejak Mei 2015 dan pengambilan dana pada September 2015, kemudian pengumpulan laporan akhir berupa progres usaha dan beberapa dokumentasi pendukung diserahkan oleh mahasiswa via email paling lambat November 2015. Arief menjelaskan, mahasiswa UB hanya memiliki satu kali kesempatan untuk mengikuti program PMW. 

“Jika terdapat mahasiswa yang ketahuan sudah pernah mengikuti PMW di tahun sebelum nya, maka program yang diajukan akan dibatalkan,” terang Arief
            Salah seorang mahasiswa UB yang pernah mengikuti PMW tahun kemarin, Ima Kusuma Indrawati, mengaku untuk ikut serta dalam PMW tidak harus memenuhi persyaratan khusus.  Cukup mengajukan proposal bussiness plan yang kreatif dan mengikuti tahapan – tahapan dalam PMW.
 “Pertama kita mengajukan proposal lalu di seleksi oleh pihak fakultas dan rektorat, setelah lolos seleksi akan ada interview mengenai proposal yang kita ajukan dan setelah itu pencairan dana akan turun sebesar 70%, sisa nya akan cair ketika kita sudah melakukan EXPO (pameran wirausaha),” ujar mahasiswi yang sedang melakukan usaha berjualan kemeja batik.
Ia menambahkan Selama kegiatan PMW berlangsung pengawasan dilakukan langsung oleh pihak rektorat kepada peserta PMW dengan meminta pertanggung jawaban yaitu dokumentasi kegiatan dan laporan keuangan.

“Pihak UB tidak mempermasalahkan apabila ada mahasiswa yang gagal melakukan PMW , yang penting punya kemauan untuk mencoba dan tetap menyerahkan LPJ ( lembar pertanggung jawaban ) dari kegiatan yang dilaksanakan” tutup mahasiswa angkatan 2013 tersebut. (sna/kmb)
(Visited 116 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Beda

Iklan

E-Paper

Popular Posts