Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Diskusi Film Semen vs Samin, Ajak Mahasiswa Peduli Rakyat Kecil

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Malang, PERSPEKTIF – Kasus perlawanan masyarakat Samin terhadap pembangunan pabrik semen menggugah rasa kepedulian ratusan mahasiswa Malang dalam kegiatan Pemutaran Film dan Diskusi di Kedai Tjangkir 13, pada Selasa (31/3).  Kegiatan yang diinisiasi oleh Komunitas Pusaka Muda Nusantara dari Ilmu Pemerintahan FISIP UB tersebut, melecut semangat mahasiswa yang hadir untuk peduli lingkungan, khususnya kasus agraria dan pengalihan lahan pertanian yang menimpa petani dan rakyat kecil.
Pemateri diskusi, Lukman Hakim menyatakan kerusakan lingkungan terjadi karena banyaknya lahan pertanian yang diganti dengan pabrik-pabrik. “Tata ruang kita banyak dirubah, hal ini terjadi karena kekuatan modal besar dari perusahaan,” ungkap dosen Ilmu Pemerintahan tersebut. Ia juga mengajak agar mahasiswa lebih peka terhadap permasalahan sekitar, seperti kasus petani di beberapa daerah di Malang yang mengalami sengketa dengan pihak swasta bahkan pemerintah.
Selain materi, kegiatan yang berlangsung sejak pukul 19.00 tersebut diisi dengan pembacaan puisi oleh Rachmad Gustomy, salah seorang dosen Ilmu Pemerintahan yang turut hadir dalam diskusi tersebut. Selepas diskusi dan pembacaan puisi dari dosen, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan tanggapan dari beberapa mahasiswa, salah seorang aktivis buruh dan pemilik Kedai Tjangkir 13, Aji Prasetyo. (bay)

(Visited 36 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts