FISIP-nya ‘Besar’
Prof. Darsono Wisadirana, Dekan FISIP UB pagi ini menyampaikan kabar gembira untuk kita semua. FISIP menempati urutan ketiga dari semua fakultas dengan peminat terbanyak se-UB. Urutan pertama ditempati oleh Fakultas Kedokteran, disusul tempat kedua Fakultas Teknik. Itu artinya, FISIP adalah fakultas jurusan sosial dengan peminat nomor satu di Brawijaya. Besar dan hebat sekali kelihatannya, namun banyaknya peminat tidak selalu merepresentasikan kualitas, bukan?

Secara fisik, gedung kembar FISIP UB kalau dilihat cukup megah, walaupun temboknya banyak yang retak. Untuk Akreditasi FISIP sendiri masih menyandang status B, sementara tiga dari enam program studi di FISIP (Sosiologi, Psikologi dan Ilmu Politik)  masih memperoleh status akreditasi C. Belum ada satupun program studi FISIP UB yang mendapatkan status akreditasi A.

Sampai sekarang, FISIP masih mengejar kualitas dengan berusaha menyeimbangkan rasio antara dosen dengan mahasiswa, salah satunya dengan pengurangan jumlah mahasiswa.
Tahun ini, sebanyak 1230 mahasiswa baru yang diterima sebagai bagian baru dari FISIP UB. Berkurang sekitar 100 orang dibandingkan tahun lalu. Fakultas oranye ini juga sedang berupaya menambah kuantitas dan kualitas staf pengajar, di antaranya menambah jumlah dosen dan meminta para dosen dengan gelar magister (S2) yang untuk segera mengambil studi doktoral (S3).

FISIP mengajari kita, kalau tidak semua yang “besar” dan “banyak” itu selalu “hebat”. (*)
(Visited 48 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here