Lompat ke konten

WD I FISIP: MMD Tidak Lagi Wajib

Penyampaian Tuntutan oleh Massa Aksi Kepada Dekanat FISIP (PERSPEKTIF/Romi)

Malang, PERSPEKTIF Aliansi Mahasiswa Jingga mengadakan aksi yang bertajuk “Mahasiswa Membangun 1.000 Desa Tidak Ada Solusi: Dekanat Ingkar Janji” pada Rabu (31/5). Bertempat di depan Gedung C Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB), aksi ini digelar untuk menyampaikan tuntutan kepada pihak Dekanat FISIP UB yang dinilai bungkam terhadap keresahan yang dirasakan mahasiswa mengenai pelaksanaan program pengabdian Mahasiswa Membangun Desa (MMD). Pada aksi yang digelar, Wakil Dekan I FISIP UB, M. Faishal Aminuddin, mengklarifikasi bahwa pelaksanaan MMD tidak lagi bersifat wajib.

“Kemarin kita sudah klarifiksasi ke Wakil Rektor I karena MMD ini adalah program dari universitas, bukan program dari fakultas. Kami sudah menyampaikan terkait beberapa hal terkait yang pertama, apakah MMD ini wajib atau tidak. Ternyata sekarang menjadi tidak wajib. Dan nanti akan ada surat dari rektorat, yang akan memastikan soal itu,” ucap Faishal. 

Mengenai konversi MMD ke dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Faishal mengatakan diserahkan kepada setiap fakultas dengan syarat yang akan didiskusikan dengan program studi masing-masing. 

“Untuk dua hal tadi, yang menjadi domain fakultas, kita akan sampaikan paling lambat tiga hari setelah hari ini karena kami membutuhkan waktu untuk melakukan rapat dengan program studi,” tutup Faishal.

Selanjutnya, salah satu massa aksi dari Aliansi Mahasiswa Jingga juga menuturkan bahwa banyak mahasiswa yang merasa program pengabdian MMD ini prematur dalam realisasi dan juga sosialisasinya.  

“Minimnya keikutsertaan mahasiswa dalam penentuan kebijakan ini dan bagaimana struktur pendanaan dari program ini. Manakala mahasiswa fungsionaris harus ikut serta dalam program konversi menjadi 4 SKS,” tutupnya. (ran/yn)

(Visited 1,354 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts

Apa yang kamu cari?