Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Dilakukan Secara Daring, Sosialisasi Mekanisme Pemilihan PEMILWA FISIP UB 2021 Berjalan Lancar

Mekanisme - Penjabaran mekanisme pelaksanaan PEMILWA FISIP UB 2021 secara daring oleh panitia. (23/01)
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Malang, PERSPEKTIF – Hari-H Pemilihan Wakil Mahasiswa (PEMILWA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) 2021 semakin dekat. Untuk menandai hampir berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan, acara sosialisasi pelaksanaan pemilihan dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom pada Sabtu (23/01). Acara yang diikuti hampir 150 peserta ini membahas mengenai mekanisme pemilihan yang tahun ini diadakan secara daring, berbeda dari tahun sebelumnya.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan aturan forum dan dilanjutkan dengan pemutaran lagu Indonesia Raya serta Mars FISIP UB. Setelahnya acara tersebut disambung dengan pemberian kata sambutan dari Ketua Pemilihan Umum (KPU) yakni Ainun Qisthi.

“Untuk perubahan mekanismenya sendiri, tahun ini berubah dari yang biasanya dilakukan di bilik suara menjadi daring, yaitu diadakan di website pemira.ub.ac.id,” katanya. Ainun menambahkan bahwa website ini hanya bisa diakses oleh mahasiswa aktif FISIP pada semester ganjil 2020 kemarin.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan tata cara penggunaan e-vote oleh panitia KPU, Rizki Faizi. Ia menjelaskan tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan oleh pemilih. Mulai dari mengakses laman pemira.ub.ac.id, memasukkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan password SIAM, hingga ke tahap pemilihan pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) BEM FISIP UB 2021 serta calon DPM yang dapat dilakukan dengan cara menekan foto pasangan calon pilihan.

“Pemilih diberikan waktu 20 detik untuk memilih. Apabila melebihi waktu tersebut maka pemilih dinyatakan abstain. Oleh karena itu, pastikan jaringan stabil sebelum masuk ke menu pemilihan,” ujar Rizki.

Panitia kemudian memutarkan video tata cara melakukan e-vote guna memperjelas pemaparan yang telah disampaikan sebelumnya. Setelah itu, acara disambung dengan pemaparan SOP Pemungutan Suara PEMILWA FISIP UB 2021 yang terdiri dari lima pasal dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Pada sesi tanya jawab, hal-hal yang dibahas berkutat seputar server, device, dan jaringan internet para mahasiswa pemilih yang menjadi fokus utama dalam pelaksanaan PEMILWA. Pertanyaan datang dari Nurcholis Mahendra, salah seorang mahasiswa Ilmu Pemerintahan 2018, mengenai server yang down di tengah-tengah pemungutan suara. Berdasarkan jawaban dari panitia, untuk server yang down di tengah-tengah pemungutan suara tidak akan ada penambahan akumulasi waktu. Namun, apabila terjadi di awal acara maka akan dipindahkan ke waktu selanjutnya, sejak pemungutan suara sendiri dilakukan dari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Ainun juga menambahkan jikalau sudah ada peningkatan sistem oleh tim TIK. Keberhasilan peningkatan sistem tersebut dapat dilihat dari penyelenggaraan PEMILWA FIB UB pada 19 Januari 2021 kemarin yang terlaksana dengan baik dan lancar. Ia juga menambahkan kalau pada tanggal 26 Januari nanti akan dilakukan Zoom Meeting antara panitia dan calon serta manajer dengan tim TIK sehingga apabila terjadi kendala dapat dibahas langsung secara bersama-sama. Setelahnya, acara diakhiri dengan ucapan terima kasih dari pembawa acara serta arahan bagi pasangan calon agar mengikuti briefing terbuka untuk penyelenggaraan debat Capres dan Cawapres BEM yang akan digelar keesokan harinya. (mga/nnfd/ads/dat)

(Visited 49 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts