Buletin Redaksi

‘Perayaan’ Satu Tahun Pandemi di Indonesia Sejak 31 Desember 2019, virus corona telah menginfeksi negara-negara di seluruh dunia. Covid-19 cepat menyebar dengan adanya arus migrasi internasional yang menyebabkan dunia harus terbelenggu dan membatasi seluruh aktivitasnya untuk menghambat penyebaran virus tersebut. Berbagai aspek kehidupan masyarakat terdampak dengan adanya virus ini, terutama dari segi kesehatan dan ekonomi masyarakat global. Tak terkecuali Indonesia yang juga terdampak pandemi Covid-19, sehingga seluruh aktivitas masyarakat harus dibatasi. Pun masyarakat diarahkan oleh pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan sebagai cara untuk menghambat penyebaran Covid-19. Akan tetapi, banyak permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dalam menghadapi pandemi ini. Misalnya dengan ketimpangan ekonomi, ketimpangan vaksinasi, serta komunikasi politik pemerintah yang dipandang ambigu dan tidak tepat sasaran. Kami akan menceritakan tentang potret berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia selama pandemi, terutama kepada tenaga medis sebagai garda terdepan dalam upaya penanganan pandemi.
Sabtu, 19 September 2020
Kegiatan Pengenalan Ke-hidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) menjadi salah satu ajang terbesar bagi Universitas Brawijaya. Penyambutan jumlah mahasiswa baru (maba) yang melibatkan belasan ribu mahasiswa, hingga berbagai jajaran pejabat kampus menjadi kebanggaan sendiri dalam pelaksanaannya. Kini, pandemi membatasi jenis kegiatan yang bisa dilakukan. Suka atau tidak, kegiatan secara daring menjadi jalan tengah dalam situasi terbatas. Jika tatap muka menghadapi sedikit kendala dalam komunikasi, maka kegiatan daring sangat berkaitan dengan sinyal, media, hingga fokus dari individu tersebut. Penyampaian materi pun terbatas pada waktu yang singkat, mengingat media yang dilakukan pun ter- batas. Meskipun kegiatan tidak bisa dilakukan secara langsung, sejatinya pengenalan terhadap kampus masih perlu dilakukan agar maba mampu mengenali lingkungannya. Informasi, sesedikit apa pun tetap bisa menjadi bekal bagi maba dalam bersikap. Terlebih, perpindahan status dari siswa menjadi mahasiswa dikatakan sebagai jalan baru ke depannya. Selamat datang, mahasiswa baru 2020. Selamat berjuang di tengah keterbatasan!
Rabu, 1 April 2020
TINDAKAN UB TERHADAP ISU KESEHATAN MENTAL Isu mengenai kesehatan mental mulai muncul mencuat akhir akhir ini, tidak terkecuali di lingkungan kampus. Universitas brawijaya (UB) merupakan salah satu kampus yang peduli denganisu kesehatan mental. Kepedulian itu tercermin dari didikannya Badan Konseling Mahasiswa (BKM). Namun, perlu dilihat lebih jau seberapa efektifkah peran BKM dalam melayani mahasiswa. Sebab masih ada beberapa persoalan yang belum teratasi. Mulai dari sosialisasi tentang BKM yang masih kurang, keterbatasan jumlah konselor, hingga sulitnya menentukan jadwal konseling.  

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts