Buletin Maba

Sabtu, 19 September 2020
Kegiatan Pengenalan Ke-hidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) menjadi salah satu ajang terbesar bagi Universitas Brawijaya. Penyambutan jumlah mahasiswa baru (maba) yang melibatkan belasan ribu mahasiswa, hingga berbagai jajaran pejabat kampus menjadi kebanggaan sendiri dalam pelaksanaannya. Kini, pandemi membatasi jenis kegiatan yang bisa dilakukan. Suka atau tidak, kegiatan secara daring menjadi jalan tengah dalam situasi terbatas. Jika tatap muka menghadapi sedikit kendala dalam komunikasi, maka kegiatan daring sangat berkaitan dengan sinyal, media, hingga fokus dari individu tersebut. Penyampaian materi pun terbatas pada waktu yang singkat, mengingat media yang dilakukan pun ter- batas. Meskipun kegiatan tidak bisa dilakukan secara langsung, sejatinya pengenalan terhadap kampus masih perlu dilakukan agar maba mampu mengenali lingkungannya. Informasi, sesedikit apa pun tetap bisa menjadi bekal bagi maba dalam bersikap. Terlebih, perpindahan status dari siswa menjadi mahasiswa dikatakan sebagai jalan baru ke depannya. Selamat datang, mahasiswa baru 2020. Selamat berjuang di tengah keterbatasan!
Jumat, 16 Agustus 2019
Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMABA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) diadakan tentunya bukan hanya sebagai ajang hura-hura, atau bahkan sekadar untuk mempermalukan mahasiswa baru (maba) dengan atribut serba oranye mereka. Semestinya, PKKMABA diadakan untuk memperkenalkan kampus tempat mereka akan menimba ilmu. Namun, rupanya PKKMABA tidak sesederhana itu. Kedatangan, ketepatan waktu, hingga pengerjaan tugas yang memengaruhi nilai serta kelulusan PKKMABA ternyata juga menjadi salah satu syarat terbesar penentu kelulusan kuliah. Tak hanya itu, penerimaan beasiswa (prestasi) secara umum pun ditentukan oleh adanya sertifikat bukti lulus PKKMABA. Penting atau tidaknya aturan tersebut diadakan akan menjadi sangat bergantung pada bagaimana seseorang memandang PKKMABA dan relevansinya terhadap prestasi akademik dan nonakademik seorang mahasiswa di kampusnya.
Kamis, 15 Agustus 2019
Selamat Datang di Kampus Jingga Penyambutan mahasiswa baru, yang lebih kita kenal sebagai Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMABA) di kampus kita tercinta, kampus jingga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB), merupakan salah satu kegiatan terbesar di kampus ini. Tentunya, persiapan hingga pelaksanaan acara ini tak luput dari kendala-kendala yang ada. Tahun ini, PKKMABA FISIP juga menemukan beberapa kesulitan. Kesulitan tersebut di antaranya adalah jumlah mahasiswa baru yang lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, serta pembatasan-pembatasan yang dilakukan oleh pihak dekanat, hingga permintaan panitia dosen yang mendadak dan memberatkan panitia mahasiswa. Pihak panitia mahasiswa mengatakan bahwa pada tahun ini pihak dekanat menjadi lebih ketat dalam pengawasan publikasi, serta kerap kali meminta hal-hal tertentu seperti materi untuk dilakukan secara mendadak oleh panitia. Sementara itu, pihak dekanat menegaskan, permintaan mendadak yang dilakukan semata-mata hanya untuk kepentingan mahasiswa baru. Di luar segala permasalahan yang ada, PKKMABA FISIP 2019 tetap diadakan dengan tujuan mulia untuk menyambut para mahasiswa baru di kehidupan pendidikan yang baru pula. Selamat datang dan selamat berjuang di kampus jingga.
Rabu, 14 Agustus 2019
Orientasi studi dan pe- ngenalan kampus (OSPEK), atau yang lebih dikenal sebagai Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Universitas (PKKMU) di Universitas Brawijaya (UB), hanya menjadi salah satu dari sekian banyak langkah awal untuk menjadi seorang mahasiswa yang bisa dikatakan “resmi”. Tanggung jawab yang kelak dipikul oleh tiap mahasiswa akan lebih besar dari sekadar membawa berbagai atribut dan aksesori, mengerjakan tugas offline dan online dari panitia, atau mendengar- kan para pembicara selama berjam-jam di Samantha Krida. Ketepatan waktu dan kehadir- an dalam setiap rangkaian jelajah almamater hanya menjadi fragmen terkecil dalam perjalanan hidup sebagai seorang mahasiswa. Sebagai mahasiswa, seseorang perlu memahami untuk apa mereka berada pada jenjang itu. Pola pendidikan di kampus, hingga pemikiran seorang mahasiswa akan sangat berbeda bila dibanding- kan dengan apa yang ada di bangku sekolah. Orientasi menjadi seorang mahasiswa bukan hanya soal gelar dan ketepatan dalam penyele- saian tugas, melainkan soal implementasi ilmu dan pe- ngetahuan bagi masyarakat selepas mereka mentas. Selamat datang dan selamat berjuang di kampus biru Universitas Brawijaya.
Jumat, 17 Agustus 2018
Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMABA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) merupakan salah satu rangkaian yang wajib diikuti oleh Mahasiswa Baru setiap tahunnya. PKKMABA ini tidak hanya untuk melakukan perkenalan kehidupan kampus, namun Mahasiswa Baru juga diberikan penugasan oleh pihak panitia dengan mempertimbangkan apa yang akan dihasilkan nantinya. Bagi Mahasiswa Baru tugas yang diberikan cukup banyak, baik atribut, barang bawaan maupun tugas tambahan untuk yang melanggar aturan. Dalam rangkaian PKKMABA ini terkadang menjadi hal yang ribet dan membuat Mahasiswa Baru terlihat konyol, padahal tujuan dari kegiatan ini untuk memperkenalkan kampus kepada Mahasiswa Baru. Kehadiran menjadi salah satu yang penting untuk mempertimbangkan kelulusan PKKMABA, hal ini agar Mahasiswa Baru senantiasa hadir dalam rangkaian PKKMABA. Jika kehadiran tidak memenuhi syarat kelulusan PKKMABA dan tidak mengulang pada tahun depan, maka Mahasiswa Baru tidak bisa mengikuti Organisasi Fakultas maupun Universitas, serta Mahasiswa Baru akan dipersulit pada proses kelulusannya. Mahasiswa hadir tidak untuk mudah menyerah, lakukan apa yang harus dikerjakan. Manfaatkan segala waktu yang ada dan jangan menyia-nyiakan kesempatan. Selamat datang Mahasiswa Baru FISIP UB, Selamat Berjuang dan Berproses dengan baik.
Kamis, 16 Agustus 2018
Selamat Datang Mahasiswa FISIP Kedatangan mahasiswa baru merupakan suatu hal yang istimewa bagi tiap-tiap kampus, terutama bagi kampus jingga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB). Dalam penyambutannya panitia dari mahasiswa dan dekanat selalu mempersiapkan segala macam persiapan. Ada yang menarik dari penyambutan mahasiswa tahun ini. Awal pembentukkan panitia tahun ini sudah terjadi permasalahan. Panitia sempat mengalami perubahan dan pengumuman panitia yang pasti diumumlan sebulan sebelum pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMABA) dilaksanakan. Banyak keributan yang terjadi pada pengumuman kepanitiaan dari ketua pelaksana yang dianggap tidak mengikuti saran dari Steeering Committee (SC), panitia yang diumumkan di Official Account  Line Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) tidak sah hingga DPM dianggap melanggar tupoksinya. Mungkin dalam hal ini harus ada konsensus perlu terus dibangun, agar menemui titik tengah dari permasalahan yang terjadi. Baik itu mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen atau pihak dekanat, serta seluruh civitas akademika FISIP. Sehingga semuanya dapat berjalan secara beriringan. Akan tetapi, dibalik permasalahan yang terjadi di awal, berdasarkan pengamatan awak Perspektif  PKKMABA berjalan lancar.  Akhir kata selamat datang mahasiswa baru FISIP UB, selamat berjuang di kampus jingga.              
Rabu, 15 Agustus 2018
Mahasiswa    identikkan dengan kemandirian, mahasiswa sudah dianggap tidak perlu bergantung dengan orang lain. Diusia-usia tersebutlah harus menjadi manusia yang tangguh mampuditempadenganberbagai hal dan bertanggung jawab akan beban yang ditanggungkan dipundaknya. Karena menjadi mahasiswa itu harus bisa menghadapi persoalan dan mempertimbangkan konsekuensi yang akan diterima. Mulai dari agentof change yang menempatkan mahaiswa sebagai pelopor perubahan yang menjadi titik tolak berubahnya orientasi kehidupan kearah yang lebih baik. Ada juga yang beranggapan bahwa mahasiswa  merupakan agent  of social control, di mana peran aktif mahasiswa dalam mengawal berbagai bentuk kehidupan dan permasalahanya sangat dituntut karena ada pandangan bahwa mahasiswalah kaum  yang netral dan belum terkontaminasi dengan berbagai kepentingan yang berjalan seiring dengan permasalahan terutama yang menyangkut kebijakan publik. Mahasiswa juga merupakan iron stock, muncul sebagai harapan yang dititipkan kepada kamu pembaharuam dan sosok-sosok penerus peradaban di masa yang akan datang. Sehingga pada diri mahasiwalah kepercayaan untuk memangku dan menjalnakan  tatanan hidup berbangsa ke depannya disematkan.
Selasa, 22 Agustus 2017
Kehadiran Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMaba) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) sebagai rangkaian yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru dari tahun ke tahun. PKKMaba hadir tidak hanya dalam bentuk sosialisasi kehidupan kampus, namun juga dalam bentuk penugasan, tentu dalam memberikan tugas pihak panitia PKKMaba mempunyai tolok ukur tersendiri untuk ouput yang dihasilkan nantinya. Sedangkan dari pihak mahasiswa baru sendiri merasa bahwa tugas yang diberikan memberatkan mereka, sehingga berujung kepada pembelian tugas ospek. Memang hal-hal di luar seperti jual-beli alat ospek berada di luar kewenangan panitia, namun itu akan berdampak terhadap output yang dituju. Mengenai akses mahasiswa baru dalam memperoleh informasi yang diatur dalam pasal 2 ayat 2 huruf A, di mana keterbukaan tersebut meliputi informasi seputar kegiatan PKKMaba FISIP UB. Tentu yang harus dilakukan adalah dengan melakukan komunikasi dua arah tidak hanya di dominasi infonya oleh salah satu pihak. Selamat datang mahasiswa baru FISIP UB, selamat berjuang di kampus jingga. Hidup Mahasiswa.  
Minggu, 20 Agustus 2017
Kedatangan mahasiswa baru tentunya merupakan hal yang istimewa bagi tiap-tiap kampus, terutama bagi kampus jingga, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB), tentu dalam penyambutannya, kepanitiaan PKKMABA FISIP menerapkan proses evaluasi dalam pelaksanaannya. Tahun ini, ada beberapa kendala yang ditemukan oleh awak Perspektif di lapangan, seperti kurangnya koordinasi antara panitia PKKMABA dengan pihak dekanat, ihwal tersebut dilontarkan oleh Ketua Pelaksana sendiri. Berdasarkan pengalaman PKKMABA FISIP dari tahun ke tahun, yang di mana Perspektif ikut berpartisipasi sebagai media pengontrol, hal tersebut terjadi secara berulang-ulang. Di sisi lain sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan belajar mahasiswa baru masih belum maksimal. Banyak keluhan seperti pendingin ruangan yang sering mati, Wifi yang lemot, pintu kamar mandi yang rusak, dan lain sebagainya. Namun jika melihat FISIP sebagai fakultas yang baru berdiri selama 12 tahun perlu waktu untuk membenahi tata kelola tersebut. Tapi perlu juga kesatuan visi dalam hal pembangunan sarana dan prasarana, karena selain kendala dana, ketidaksatuan pandangan dalam pembangunan juga dapat menghambat rencana yang telah disusun. Salah satu contohnya adalah mengenai pembangunan Gedung C, yang mengalami perubahan prioritas pembangunan, saat sebelumnya sudah diperuntukkan bagi kegiatan mahasiswa. Dalam hal ini konsensus perlu terus dibangun, agar menemui titik tengah dari permasalahan yang ada. Baik itu mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen/pihak dekanat, serta seluruh civitas akademika FISIP. Akhir kata selamat datang bmahasiswa baru FISIP UB, selamat berjuang di kampus jingga.

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts