Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Pembatasan Penggunaan Email UB untuk Alumni, Kepala UPT STI: Bisa Diperpanjang

Tampilan Website Helpdesk TIK UB (https://helpdesk-tik.ub.ac.id/)
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Malang, PERSPEKTIF – Email kampus yang digunakan untuk menunjang kegiatan akademis mahasiswa tidak lagi memiliki penyimpanan tanpa batas. Melalui akun twitter Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sistem dan Teknologi (STI) Universitas Brawijaya (UB), para sivitas akademika dihimbau untuk mem-backup data dari google drive (5/4). 

Pembatasan storage tersebut berdampak pada alumni Universitas Brawijaya. Sebelum adanya perintah tersebut, para alumni masih bisa menggunakan email UB setelah 3 bulan waktu kelulusan. Sedangkan sekarang ini, email alumni akan ditutup bahkan sebelum mereka melakukan wisuda. 

“Kemarin saat sebelum saya wisuda itu juga sudah dicabut dari peredaran email saya itu, jadi gak bisa diakses lagi. Jadi sebagai alumni sekarang tidak ada keuntungan lagi,” ujar Riswanda Kafa, salah seorang alumni UB (23/5). 

Riswanda kemudian menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan jika email kampus masih bisa dipakai oleh para alumni. 

“Yang jelas tentang kredibilitas itu, misalkan kita mengajukan proposal ke Kementerian atau akademis lainnya, walau saya tidak tahu parameternya, tapi saya merasa itu akan sedikit membantu tentang bagaimana mereka menyortir email kita dan lain-lain,” terangnya. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Aisyah Nasywa, mahasiswa Psikologi UB bahwa penggunaan email kampus akan memberikan kemudahan dalam melamar pekerjaan atau magang. 

“Email kampus biasanya digunakan untuk branding kampus, karena dengan menggunakan email kampus akan terlihat jauh lebih profesional dibanding email pribadi, sehingga akan memudahkan dalam melamar pekerjaan maupun magang,” jelasnya (21/5). 

Menanggapi hal ini, Kepala UPT STI UB, Raden Arief Setyawan mengatakan email kampus ini bisa dimanfaatkan untuk pendaftaran beasiswa dan Program Strata 2. 

“Tentu saja bisa ya selama mahasiswa tersebut masih aktif di UB kan memang biasanya akan lebih ‘diakui’ kalau anda menggunakan email UB dibandingkan email gmail,” katanya (27/5).

Raden kemudian menjelaskan bahwa setelah tiga bulan sejak waktu kelulusan, pihak UPT STI UB akan memberikan himbauan kepada para alumni untuk memindahkan semua data yang ada di email UB ke email pribadi. Namun, ia tidak menutup kemungkinan jika ada yang ingin memperpanjang masa penggunaan email kampus. 

“Bisa melalui Helpdesk TIK. Jadi, anda bisa mengajukan di situ melalui ticketing. Nanti di email pemberitahuan itu sudah jelas. Jadi anda kalau misalkan ingin untuk mempertahankan dulu sementara, anda itu bisa menghubungi pihak siapa, email apa, dan lain sebagainya itu sudah jelas misalkan memang  diperlukan,” pungas Raden.  (arn/prd/dhs)

(Visited 54 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts