Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

PEMIRA Terpaksa Maju Demi Dies Natalis UB  

 

Malang, PERSPEKTIF – Puncak rangkaian Pemilihan Mahasiswa Raya (PEMIRA) Universitas Brawijaya (UB) 2016 digelar November ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, PEMIRA berlangsung di bulan Desember.

Perubahan agenda tahunan ini disebabkan peringatan Dies Natalis UB dimajukan. Sebelumnya, Dies Natalis UB dilaksanakan awal tahun. Sehingga, PEMIRA UB 2016 terpaksa menyesuaikan. Pemungutan suara PEMIRA UB 2016 kemudian dilaksanakan pada tanggal 23 November 2016.

“Karena ada agenda rektorat yaitu dies natalis Brawijaya, kalau dulu kan bulan Januari Dies Natalisnya, sekarang dimajukan di bulan Desember. Jadi akhirnya, PEMIRA dimajukan jadi tanggal 23 November,” ujar Ketua pelaksana PEMIRA UB 2016, Muhammad Ilham Septian Hadi.

Hal ini, tutur Ilham, mempengaruhi proses persiapaan PEMIRA dan bisa berpengaruh pada partisipasi mahasiswa. Misalnya, penurunan jumlah calon tetap Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) UB. Tahun lalu, calon tetap mencapai 30 calon, sedangkan tahun ini 23 calon.

“Pengaruh jelas pengaruh mungkin kita nggak maksimal karena memang pemikiran kita keburu dengan kegiatan selanjutnya,” ujar Ilham ketika ditemui Senin (14/11).

Animo kampus juga menjadi kekhawatiran Ilham, sebab agenda kampus yang begitu padat di bulan November. Menurutnya, animo pemilih dan partisipasi mahasiswa bisa berkurang karena PEMIRA UB 2016 tertutup dengan agenda kemahasiswaan yang lain. (rah/knd/dnd/rip)

(Visited 202 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts