Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Dana Beasiswa Belum Cair, Salah Siapa?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Malang, PERSPEKTIF – Beasiswa PPA dan BPP yang sudah digalakkan mulai bulan Februari kemarin ternyata sampai sekarang dana beasiswa tersebut belum dapat dicairkan. Beasiswa PPA adalah beasiswa yang diberikan kepaada mahasiswa yang akademiknya bagus, sedangkan untuk BPP ditujukan kepada mahasiswa yang akademiknya bagus dan kurang mampu dalam bidang ekonomi.

“Beasiswa ini untuk satu tahun dan biasanya diberikan dua kali dalam setahun, jadi per semester diberikan,” ujar Oktavianus Andrianto, menteri advokesma Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB). Namun untuk tahun ini terjadi kendala yang menyebabkan dana tersebut tak kunjung cair. Menurut pihak rektorat ada beberapa masalah terkait molornya pencairan dana PPA dan BPP.

Dana ini berasal dari APBN, dimana di awal proses masih adanya “bintang” yang belum bisa dilakukan pencairan pada saat kita sudah siap memenuhi persyaratan untuk beasiswa ini,” ujar Heri Prawoto selaku Kasubag Kesejahteraan Mahasiswa UB.


“Bintang” itu sendiri dimaksudkan untuk dana yang dicadangkan untuk dikeluarkan oleh kementerian dan masih menunggu persetujuan dari DPR. Menurut Heri, sampai bulan Agustus 2015 bintangnya masih belum dicabut dan pihak rektorat mendapatkan info bahwa dana tersebut baru bisa diiplementasikan di bulan September kemarin. Masalahnya adalah sampai sekarang dana dari kas negara tersebut belum bisa dicairkan karena persyaratan yang harus dimasukkan belum bisa membuka bintang tersebut.

Prosesnya bisa kalian telusuri, semua sudah ada kronologisnya. Tapi kita harus menundanya karena dana dari kas negara belum cair dan kita sudah memenuhi semua persyaratannya,” tegas Heri. Rencananya dana tersebut akan langsung diberikan satu tahun penuh, artinya bahwa pencairan dana PPA dan BPP akan langsung diberikan semuanya dalam satu kali. Untuk jumlah uang itu sendiri setiap mahasiswa diberikan tiga ratus ribu rupiah per bulan dalam setahun.
Keterlambatan pencairan dana beasiswa tadi menimbulkan sedikit kekecewaan dari mahasiswa yang penerima beasiswa yang harusnya sudah menerima dana tersebut.

Ya gimana ya, aslinya sih sedikit kecewa, masalahnya PPA dan BPP ini sudah ada nama-nama penerimanya sejak April lalu,” ujar Cindera Rasisa.


Oktavianus selaku perwakilan dari Eksekutif Mahasiswa yang menangani advokesma mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan follow up setiap minggu namun dari pihak rektorat memang mengatakan kalau pencairan dana beasiswa ini mengalami kendala. Nantinya apabila dana tersebut sudah cair, maka otomatis akan langsung masuk ke rekening mahasiswa yang memdapatkan beasiswa ini.(hen/arn)
(Visited 64 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

Iklan

E-Paper

Popular Posts