Malang, PERSPEKTIF – Pada bulan November 2013, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) telah membuat nota kesepahaman dengan beberapa universitas di luar negeri untuk program double degree bagi mahasiswa. Double degree adalah program yang ditawarkan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan dua gelar yang akan didapatkan dari FISIP UB dan universitas di luar negeri. 
“Jadi kurikulum kita diakui sebagian disana, dua tahun di FISIP, satu tahun di luar negeri, dan satu tahun lagi disini,” jelas Darsono Wisadirana,  Dekan FISIP. Menurut Darsono, sebagian besar Universitas yang sudah melakukan kerja sama adalah Universitas di Australia, seperti University of Canberra, The University of Newcastle, The University of Sydney, dan University of Melbourne. 
Darsono juga menyatakan bahwa program ini terbuka bagi semua jurusan. “Semuanya bisa mengambil double degree, tetapi tentu dibutuhkan kemampuan bahasa inggris yang memadai,” lanjut Darsono. Program ini juga bertujuan untuk membuat kelas internasional, mengingat banyaknya mahasiswa dari luar negri yang ingin kuliah di FISIP.. “Kelas inggris sebenarnya dibuat untuk membuat kelas internasional, karena banyak mahasiswa dari Timor Leste, Libya, Thailand dan Laos juga ingin menempuh pendidikan disini”, lanjutnya. 
Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa jika ingin mengambil double degree, diantaranya sudah menempuh semester 4. Minimal IPK 3.0 dan IELTS (International English Language Testing System) minimal 6.0 atau setara TOEFL 550. Jumlah mahasiswa FISIP yang ingin mendaftar cukup banyak, menurut pihak dekanat ada 27 mahasiswa yang mendaftar dan hanya ada dua mahasiswa yang lolos persyaratan. Mahasiswa tersebut bukan hanya dari kelas inggris tetapi ada juga dari kelas reguler.  
Selain itu masih ada beberapa persiapan yang harus dilakukan mahasiswa untuk mengambil program ini seperti pendanaan mandiri. “Kalau mahasiswa yang harus disiapkan adalah dana besar yang bersumber dari orang tuanya,” Pungkas Bambang Semedhi selaku Kepala Sub.Unit Kerja Humas, Kerjasama dan Double Degree FISIP. (hen/Ita)
(Visited 77 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here