Melangkah-Mahasiswa baru FISIP mengikuti rangkaian PKKMABA dibawah panduan Koordinator Lapangan (Korlap)(PERSPEKTIF/Jeff)

Malang, PERSPEKTIF – Jumlah panitia mahasiswa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMABA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) 2019 mengalami penurunan pada hari pelaksanaannya, Rabu (14/8) dan Kamis (15/8). Pada awal registrasi, jumlah panitia mahasiswa yang terdaftar sebanyak 105 orang, tetapi pada hari pelaksanaanya berkurang menjadi 98 orang.

Berkurangnya jumlah panitia mahasiswa dibenarkan oleh Hasbiyullah Amartya selaku Ketua Pelaksana (Kapel) PKKMABA 2019. Ia menjelaskan bahwa berkurangnya jumlah panitia disebabkan banyaknya panitia mahasiswa yang mengundurkan diri. Ketidakcocokan penempatan divisi menjadi alasan utama pengunduran diri tersebut. “Iya, banyak yang mundur. Banyak dari mereka yang tidak cocok dan tidak bisa berproses di divisinya masing-masing,” jelasnya.

Hasbi juga menerangkan bahwa sebelumnya ia telah berusaha melakukan langkah persuasif untuk mempertahankan panitia mahasiswa yang mundur. Menurutnya, mereka memiliki peran penting dalam suksesnya pelaksanaan agenda PKKMABA tersebut. “Kami sudah mengajak mereka untuk beradaptasi dengan divisinya, tapi apa daya,” paparnya.

Kurangnya jumlah panitia mahasiswa juga dibenarkan oleh Kevin Yolandri, selaku anggota Panitia Pengawas (Panwas) PKKMABA 2019. Ia menyatakan bahwa Panwas dan Kapel PKKMABA 2019 telah melakukan konsultasi terkait masalah ini. “Terutama dengan Kapel PKKMABA, kita telah berkonsultasi mengatasi berkurangnya panitia pelaksana,” ungkapnya ketika ditemui awak Perspektif.

Kevin juga menuturkan bahwa berkurangnya jumlah panitia PKKMABA tidak terlalu menjadi masalah pada hari pelaksanaan PKKMABA. “Tapi untuk hari H pelaksanaan, kami melihat tidak ada masalah yang berarti,” ungkap Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FISIP 2019 tersebut.

Selain itu, Hasbi juga menuturkan cara untuk mengatasi kurangnya panitia mahasiswa pada hari pelaksanaan PKKMABA, di mana anggota di setiap divisi saling mengisi posisi yang kosong. “Jadi, setiap panitia saling mengisi pekerjaan, entah itu divisinya sendiri atau divisi yang lain,” ungkap Hasbi. Hal serupa juga disampaikan oleh Kevin, “Iya, intinya saling mengisi.”

Akhmad Muwafik Saleh, selaku Wakil Dekan (WD) III FISIP mengakui bahwa jumlah panitia PKKMABA FISIP berkurang. Akan tetapi, Muwafik sepenuhnya menyerahkan proses registrasi dan mekanisme kerja kepanitiaan kepada panitia mahasiswa sendiri. “Panitia mahasiswa dan dosen memiliki job description masing-masing. Karena itu untuk masalah ini, kita serahkan sepenuhnya kepada panitia mahasiswa,” ungkap Muwafik pada Kamis  pagi (15/8).

Lebih lanjut, Muwafik menyatakan bahwa berkurangnya jumlah panitia mahasiswa juga dapat menekan pengeluaran dana PKKMABA FISIP. Penggunaan dana tersebut dapat dialokasian ke agenda maupun pos keuangan FISIP yang lain.“Ini juga berkaitan dengan pendanaan pula,” tuturnya. (mim/jab/wnd)

(Visited 97 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here