Suasana – Penampilan di panggung telah selesai, orang-orang memilih untuk menepi sejenak di sekitar bunderan UB (30/11). (PERSPEKTIF/Rizkina)

Malang, PERSPEKTIF – Kementerian Lingkungan Hidup Eksekutif Mahasiswa (EM) menyelenggarakan kegiatan Car Free Day (CFD) Brawijaya pada (30/11) di Bunderan UB. CFD Brawijaya ini bertujuan mewujudkan Universitas Brawijaya (UB) sebagai green campus. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan tahunan EM UB yaitu Green Action 2.0.

Muhammad Fauzan Fakhrurrozi,  Menteri Lingkungan Hidup EM UB. “Jadi CFD tahun ini kami tidak hanya menampilkan olahraga saja. Kami juga ada senam bersama, ada sepeda santai, tes kesehatan gigi, tes kepribadian, permainan dan ada juga komunitas-komunitas yang hadir,” tuturnya.

Kegiatan CFD Brawijaya ini cukup mendapat tanggapan positif dari beberapa mahasiswa yang hadir. Ibrahim Ad’ha, mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) 2015, merasa bahwa kegiatan seperti ini unik dan menarik. “Kegiatannya kalau menurut saya unik ya karena jarang-jarang ada di UB. Kemudian menarik juga karena ada komunitas-komunitas juga,” ujarnya.

Hal itu senada dengan yang dirasakan oleh Nur Syifa Khafsoh, mahasiswa Fakultas Peternakan (FP) 2018. Ia menganggap bahwa acara berlangsung seru, meriah dan asik. Meskipun begitu, ia juga merasa penyelenggaraan kegiatan yang dilakukan pada hari Jumat kurang tepat, karena dianggap terlalu berdekatan dengan ibadah sholat Jumat.

Terkait dengan waktu pelaksanaan kegiatan CFD Brawijaya ini, Fauzan mengungkapkan beberapa alasan. “Kenapa kami memilih hari Jumat, karena kalau  diadakan hari Sabtu atau Minggu menurut kami kurang efektif. Karena hari Sabtu atau Minggu kondisi kampus sudah pasti sepi. Kalau hari Jumat, insya Allah banyak yang ke kampus,” ungkapnya.

Fauzan berharapkan CFD ini bisa menjadi wadah interaksi seluruh civitas akademika UB maupun masyarakat luar kampus. “Jadi kami CFD ini sebagai tempat interaksi, baik itu dosen maupun mahasiswa. Hal ini guna merangkul semua lintas fakultas, lintas angkatan, termasuk juga dengan masyarakat luar kampus. Kami undang ke sini untuk menunjukkan UB ini terbuka dan semua bisa berpartisipasi dan semua bisa senang-senang bareng,” tambahnya. (rns/rkd/ptr)

(Visited 41 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here