DEMOKRASI- Pemilwa akan segera dilaksanakan, FISIP akan gelar pesta demokrasi sebentar lagi (PERSPEKTIF/Jeff)

Malang, PERSPEKTIF – Pelaksanaan Pemilihan Wakil Mahasiswa (Pemilwa) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) tahun ini proses pemungutan suara menggunakan berbasis komputer (e-vote). Penggunaan e-vote ini bertujuan untuk memudahkan proses pemungutan suara. Selain itu penggunaan e-vote diharapkan dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa.

E-vote baru tahun ini akan diterapkan di FISIP, tujuannya untuk mempermudah proses Pemilwa. Sehingga mahasiswa tidak perlu antre panjang seperti tahun lalu. Jadi dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa FISIP dalam pemilwa,” jelas Hapiz Daulay, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FISIP UB.

Hal ini pun dibenarkan oleh Aninditya Wahyudi, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemilwa FISIP 2018. “E-vote akan menarik minat mahasiswa FISIP berpartisipasi dalam Pemilwa 2018. Mahasiswa tidak perlu mengantre lama seperti tahun lalu,” ungkap Aninditya.

Meskipun begitu, Aninditya menambahkan bahwa pelaksanaan e-vote juga memunculkan beberapa kendala. “Memang ada beberapa kendala penerapan e-vote, seperti server yang kompleks. Kemudian, mencegah server error sebab kalau sever error panitia tidak dapat berbuat apa-apa,” tutur Aninditya.

Terkait penggunaan e-vote ini, beberapa mahasiswa FISIP pun menyambut baik. Raditya Ananda, mahasiswa Hubungan Internasional (HI) 2018 menyebutkan bahwa sistem ini akan mempermudah jalannya Pemilwa. “Saya baru dengar tentang e-vote, mungkin ini akan sangat mempermudah jalannya Pemilwa,” cetus Raditya.

Sejalan dengan pendapat Raditya, Marina Magdalena, mahasiswa HI 2018, juga mengaku e-vote akan menarik minat mahasiswa. “Sistemnya mungkin gampang, jadi banyak mahasiswa yang akan terlibat,” tutur Marina

Informasi penggunaan e-vote sendiri belum banyak diketahui oleh mahasiswa FISIP. Oleh karena itu, nantinya akan dilakukan sosialisasi tahap kedua. “Sosialisasi tahap kedua nanti akan dilakukan ke depannya. Dalam sosialisasi tahap kedua akan dijelaskan tentang e-vote dan sistemnya dalam pemilwa FISIP,” pungkas Aninditya. (jab/am/ptr)

(Visited 85 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here