KHIDMAT: Tamu undangan mendengarkan lantunan ayat suci Alquran dalam pembukaan acara peresmian Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya (6/4) (PERSPEKTIF/Putri).

Malang, PERSPEKTIF – Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan peresmian Masjid Raden Patah (MRP), Jum’at siang (6/4). Syafruddin, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) serta Syekh Ali Jaber turut hadir dalam peresmian.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran dan dilanjutkan sambutan Mohammad Bisri, selaku rektor UB.

“Masjid ini mulai dibangun tahun 1975 dengan kapasitas sekitar 200 orang. Kemudian dipugar pada tahun 2010 dengan anggaran dana 43 miliar, tapi alhamdulillah sampai selesai hari ini hanya habiskan 39 miliar. Jadi penghematan sekitar empat miliar.” ungkap Bisri.

Bisri menambahkan bahwa anggaran berasal dari Pendapatan Nasional Bukan Pajak (PNBP). Sehingga pembangunan MRP didanai oleh UB secara mandiri, tidak menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Syafruddin. Ia mengungkapkan ketertarikannya pada program yang dibuat MRP. “Saya tertarik sekali, Masjid Raden Patah ini mempunyai program yang sedang dan akan dilakukan secara terus menerus. Diantaranya ada minimarket, wisata agama dan pendidikan, museum peradaban Islam, kafetaria syariah di mana waktu-waktu tertentu akan diadakan kafeteria gratis terutama bulan puasa,” ungkap Syafruddin.

“Selanjutnya pengumpulan zakat, infak dan sedekah. Jadi apa yang sudah diprogramkan oleh Masjid Raden Patah ini sangat sejalan dengan program Dewan Masjid Indonesia,” tambah Syafruddin.

Kemudian acara dilanjutkan peresmian MRP dengan penandatangan prasasti oleh Syafruddin dan rektor UB. Selain itu, Syafruddin juga mendonasikan 500 Alquran ke MRP sebagai bentuk dukungan terhadap program-program yang diadakan oleh MRP.

Setelah peresmian MRP, UB akan memfokuskan pembangunan di kampus UB Dieng untuk melengkapi saranan prasarana yang telah ada. Sarana yang akan dibangun antara lain kolam renang berstandar internasional yang pembangunannya akan dimulai tahun ini. Masjid Raden Rahmat yang pembangunannya akan dimulai pada tahun depan.  (mth/vda/wur)

(Visited 66 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here