Tanda Mata – Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi dan Ronny Adhikarya saling memberikan tanda mata sebagai ucapan terima kasih. (Perspektif/Corina)

Malang, PERSPEKTIF– Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk ‘Disrupsi di Era Shared Economy: Tantangan Pendidikan dan Praktik Communipreneur’, Kamis (8/2). Kegiatan yang berlangsung di Studio UB TV tersebut menghadirkan pembicara Ronny Adhikarya, doktor komunikasi lulusan Amerika Serikat.

Kuliah tamu tersebut membahas keadaan dan perubahan dunia yang memengaruhi masyarakat serta proses komunikasi dengan melihat adanya disrupsi yang mulai bermunculan di Indonesia pada era Shared Economy atau ekonomi gotong royong. Antoni, ketua jurusan Ilmu Komunikasi saat pembukaan menyampaikan bahwa hal tersebut perlu untuk dibahas melihat kondisi yang terjadi sekarang ini.

“Saya kira ada semacam kekhawatiran juga ya, ilmu komunikasi sedang booming, sedang berkembang, dan semakin banyak orang berbicara tentang komunikasi.” jelas Antoni.

Antoni menambahkan bahwa Ronny Adhikarya adalah orang yang tepat untuk menjelaskan fenomena-fenomena tersebut.

Dalam penjelasannya Ronny banyak membahas mengenai perubahan-perubahan dunia, yaitu kesempatan yang sama bagi setiap orang dalam berkompetisi  dan bagaimana harus menyikapi hal tersebut.

“Perubahan-perubahan tersebut terjadi pada bisnis dan masyarakat yang mana semuanya menerapkan proses komunikasi. Disadari atau tidak banyak masyarakat yang belum mengerti akan hal ini,” ujar Ronny

Ia berpesan para pakar serta pendidik di bidang komunikasi harus berhati-hati dan memahami betul implikasi dari perubahan ini agar dapat menghasilkan anak didik yang mampu bersaing setelah mereka lulus.

“Pesan saya simple saja kita harus berhati-hati, kita harus waspada supaya jangan menjadi dinosaur, jangan menjadi sarjana yang tidak bisa mencari pekerjaan karena kompetensinya sudah tidak lagi relevan,” tutup Ronny. (cov/crn/wur)

 

(Visited 70 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here