Malang, PERSPEKTIF – Seminar Serikat Perusahaan Pers (SPS) goes to campus 2014 yang digelar Jumat (28/3) di lantai tujuh, Gedung Prof. Yogi Sugito FISIP UB, sempat mengalami kerancuan perihal tempat pelaksanaan. Pasalnya, dalam surat yang diberikan rektorat kepada seluruh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se-UB disebutkan bahwa acara diselenggarakan di gedung Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UB. Padahal, acara yang mengusung tema “Buka Mata dan Mari Bekerja di Media” tersebut berlangsung di FISIP mulai pukul 8.30 hingga 11.30 waktu setempat.

Disinggung masalah tersebut, Bhadrika G. N. selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himanika) UB, menjelaskan bahwa ada miscommunication perihal publikasi antar Humas FISIP dengan Humas Rektorat, sehingga pihak Rektorat salah dalam memberikan keterangan tempat diadakannya seminar SPS. ”Intinya humas FISIP salah pengertian aja,” jelas pria berkacamata itu.

Nyaris senada dengan Bhadrika, Aris Budi Prasetya, Dosen Ilmu Komunikasi mengatakan, ia tidak tahu letak kesalahannya dimana, yang ia tahu SPS dari awal memang bekerja sama dengan FISIP, dan merasa heran dengan adanya undangan ke FIA. “Kesepakatan awal yang diterima adalah dengan ilmu komunikasi FISIP,” tambahnya.

Menurut Bhadrika, Bambang D. P. selaku Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi telah mengklarifikasi ke pihak rektorat pada kamis (27/3) kemarin, perihal diadakannya seminar SPS. Kesalahan publikasi pun baru diketahui saat itu. Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak Jurusan Ilmu Komunikasi meminta bantuan Himanika untuk memberi kabar perubahan tersebut lewat twitter dan mulut ke mulut. Baru setelah itu dibuatkan undangan baru yang disebarkan lewat FIA.

Acara yang ramai dikunjungi mahasiswa itu dibiayai sepenuhnya oleh SPS. Pihak FISIP dibantu Himanika hanya membantu menyediakan tempat dan menyebarkan informasi juga konsumsi. Tidak hanya Konsumsi saja, namun juga sertifikat akan diberikan kepada peserta yang hadir.

Sekitar 250 mahasiswa hadir dalam acara tersebut. Tidak hanya mahasiswa Brawijaya saja, melainkan ada beberapa perwakilan mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas Merdeka Malang (Unmer) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang turut menjadi peserta seminar. Maklum saja, Pemimpin Redaksi Harian Seputar Indonesia Sururi Alfaruq dan Pemimpin Redaksi Malang Post, Sunavip Ra Indrata dihadirkan sebagai pembicara.

Azuma Prastutisari Mariela sebagai salah satu peserta seminar dari Ilmu Komunikasi 2013 mengatakan,”Amazing, banyak pelajaran yang bisa aku ambil,” saat ditanyai kesannya selama mengikuti seminar. (ade)
(Visited 50 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here